New Arrival!

Minggu, 07 Maret 2010

GStar 668: Ponsel Hybrid GSM & CDMA Rasa “Onyx”

eddy tristianto



GStar 668: Ponsel Hybrid GSM & CDMA Rasa “Onyx”
eddy tristianto

Sekilas, Anda akan mengira kalau ponsel GStar 668 adalah BlackBerry Curve 9700 alias Onyx. Mulai dari ukuran bodi, desain, tampilan, susunan keypad dan seterusnya memang mengacu pada Si Onyx. Namun, beda dengan Onyx, GStar 668 malahan bisa beroperasi di jaringan GSM serta CDMA serta tentu saja juga mengusung fitur-fitur terkini seperti Facebook. Google Maps, eBuddy dan sebagainya. Sebagai ponsel QWERTY dengan navigasi trackpad GStar 668 menyasar ke pengguna mid-high-end dengan tampilan serta desain yang berkelas. Apa saja yang coba ditawarkan oleh GStar 668? MedanBisnis me-review-nya untuk Anda.

Tampilan dan Desain

Desain Gstar 668 mirip dengan Blackberry Onyx 9700, dilengkapi dengan tombol navigasi berupa trackpad. Meski tidak 100% sama tetapi tampak terlihat bahwa desainnya mengacu pada Blackberry Onyx 9700. Pada bagian depan terdapat speaker, logo GStar, layar dan keypad.

Didukung layar seluas 2.4 inci dengan kedalaman warna 262,144 warna TFT tampilan layar ponsel ini nyaman di mata. Juga hadirnya tombol Trackpad seperti yang dimiliki BB Gemini dan BB Onyx menghadirkan navigasi yang lebih leluasa. Di bawah alat navigasinya terletak keypad-keypad GStar 668. Detail desain bodi yang dimiliki Gstar 668 terbuat dari aluminium yang nampak kokoh dan elegan.

User Interface

Pada bagian user interface terdapat beberapa icon shortcut antara lain message, facebook, eBuddy, services, Opera Mini dan phonebook. Sementara menu utama GStar 668 menggunakan interface yang terbaru dengan menampilkan 18 icon dibagi menjadi tampilan Grid 6 x 3. Dengan interface terbaru maka sub menu tampilan pada Gstar 668 telah menggunakan model ikon.

Phonebook, Panggilan dan Pesan

GStar 668 memiliki kapasitas penyimpanan phonebook sebesar 500 kontak dimana setiap kontak memiliki beberapa isian field dan maksimal nomor telepon dalam 1 kontak adalah 4 nomor.  Setiap kontak bisa dipersonalisasi dengan menggunakan picture, ringtone pribadi sebagai pembeda setiap kontak.

Saat diuji, kualitas suara GStar 668 jernih dan terdengar sangat jelas. Untuk fitur Call, salah satu kelebihan dari GStar 668 adalah fitur Blacklist dimana disediakan 5 nomor yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar Blacklist Anda.

SMS, MMS dan Email

Untuk fasilitas messaging, pada GStar 668 terdapat kemampuan untuk mengirim dan menerima SMS, MMS, Chat, Email, Voice mail server, dan Broadcast Messages.
Untuk setting email-email protocol seperti POP3, SMTP dan IMAP4  bisa dilakukan tetapi butuh ketelitian.

Fitur Multimedia

GStar 668 menyediakan beberapa fitur multimedia di antaranya adalah Audio Player, Video Player, Video Recorder, Image Viewer, dan Sound Recorder. Beberapa fitur multimedia diletakkan sebagai menu atau masuk dalam folder Extra seperti FM Radio dan Schedule FM Record.

Dengan menggunakan Audio Player maka Anda bisa memainkan file-file lagu yang berformat MP3, WAV, AMR, AAC, MIDI. Kualitas speaker dari Gstar 668 cukup baik.

Dengan menggunakan Video Player maka Anda dapat menonton semua file video yang berformat 3GP dan MP4 yang pada saat pengujiannya tertampil sangat bagus, tidak terputus, dan mampu dijalankan dalam mode horizontal maupun vertical.

Untuk FM Radio, GStar 668 dibutuhkan headset sebagai antenanya. Ada 20 stasiun radio yang dapat disimpan di ponsl ini dan juga tersedia fasilitas merekam siaran radionya. Bahkan dengan fitur Schedule FM Record Anda bisa menjadwalkan kapan Anda akan merekam siaran radionya.

Fitur Kamera

GStar 668 telah dilengkapi dengan kamera 1.3 MP yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 1280 x 960 pixels. Sayangnya, kamera Gstar 668 belum dilengkapi dengan lampu flash.

Fitur File Manager

GStar 668 menyediakan fitur File Manager untuk digunakan melihat, menghapus, mengganti nama, mengcopy, memindah atau mengirimkan isi dari ponsel kita mulai dari images, ringtone atau file lain dari Micro SD kita.

Fitur Organizer dan Aplikasi-Aplikasi Lainnya

GStar 668 telah dilengkapi dengan beberapa aplikasi Java Multitasking sehingga menerima telepon, menerima dan membalas SMS bisa dilakukan tanpa harus mematikan program JAVA yang sedang dijalankan dan kembali ke posisi semula saat kita meminimize program JAVA-nya.

Program Java yang telah terinstal di dalam Gstar 668 adalah OperaMini, eBuddy Lite Messenger, Yamee dan Palringgo. Apabila kurang Anda bisa menambahkannya dengan menginstallnya sendiri.
Konektifitas

Koneksi nirkablenya, GStar 668 mengandalkan koneksi menggunakan jaringan EDGE untuk GSM. Untuk teknologi pertukaran datanya, GStar 668 telah didukung dengan kemampuan Bluetooth dan A2DP. Serta kemampuan untuk berkoneksi dengan PC via kabel data. PC Suite-nya bisa Anda download pada situs-situs penyedia PC Suite ponsel China.

Ponsel GStar 668 dapat Anda miliki dengan merogoh kocek sebesar Rp1 jutaan serta dapat diperoleh di Multicom Sun Plaza lower ground atau di toko-toko HP terdekat di kota Anda.

Tidak ada komentar: