New Arrival!

Rabu, 06 Mei 2009



Apple iPhone 3G: Dunia Hiburan hingga Dunia Maya dalam Genggaman

eddy tristianto

Dunia mengakui, bahwa produk Apple Inc. yang semula adalah produsen PC (personal computer) yang dikembangkan oleh Steven Jobs dan Stephen Wozniak pada 1976 adalah produk-produk berkelas dan dapat diandalkan. Produk PC-nya semakin merajalela dengan hadirnya Apple Macintosh pada 1984. Gebrakan Apple™ tidak hanya itu, pada 1998 Apple™ melahirkan MP3 player pertama di dunia yang sangat digandrungi penikmat musik dengan nama iPod. Nah, terobosan selanjutnya dari Apple™ adalah memproduksi iPhone pada Januari 2007. masih dengan fitur sederhana, tapi hampir sebagian besar pecinta mobile gadget pada menunggu kelahiran sang iPhone yang fenomenal (membuat kita yang di Medan harus menunggu sampai setahun lebih baru bisa menikmati iPhone). Apa sih hebatnya iPhone (yang sekarang hadir dengan nama iPhone 3G)…? Mari kita simak tulisan ini…

Inilah dia iPhone 3G. Produk perangkat seluler keluar Apple yang fenomenal itu. Hasil dari pengembangan generasi sebelumnya yang sebenarnya telah meraih predikat fenomenal juga. Tapi berkat pngembangan fitur konekvitas ke jaringan seluler yang mencapai hingga teknologi 3G, predikat tadi kini jadi lebih pantas untuknya.

Memang kalau diperhatikan dari segi tampilan tidak banyak perubahan yang bisa ditemui antara produk generasi pertama (iPhone) dan yang ke-II ini (iPhone 3G). Yang tetap menonjol adalah layar luas dengan ukuran yang kurang lebih sama persis. Fitur control pada sisi mukanya pun masih tetap berupa satu buah tombol saja. Kemungkinan Apple™ sudah cukup puas dengan desain tampilan muka seperti ini.

Kalaupun terdapat perubahan pada generasi kedua iPhone ini adalah terletak pada desain serta material pada desain serta material bodi bagian belakangnya. Desainnya tampak lebih aerodinamis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bagian sisi-sisinya dirancang lebih melandai, yang kemudian berpengaruh pada berkurangnya ukuran ketebalan bodi. Serta dari segi material kali ini digunakan bahan plastik yang lebih kuat. Membuat device ini tampak lebih elegan.

Tapi yang patut menjadi perhatian dari iPhone generasi kedua ini adalah soal kemampuan koneksinya ke jaringan seluler. Kemampuan koneksi yang sudah mendukung jaringan 3G ini jelas penting untuk kebutuhan sejumlah fitur penting ponsel. Terutama fitur untuk mengakses jaringan internet serta komunikasi data berkapasitas besar. Kecepatanlah yang akhirnya memang dituju untuk menambah kepuasan dalam penggunaan ponsel ini.

Disamping kecepatan koneksi data, performa ponsel untuk memproses fitur serta aplikasi pun nyaris tanpa cela. Performanya bisa dibuktikan dengan mengoperasikan ponsel melalui layar sentuhnya. Perubahan tampilan pada layar serta perpindahan daris satu fitur ke fitur lain berlangsung tanpa jeda. Jari tangan pun kadang kewalahan menguasai pergeseran tampilan pada layar. Inilah user interface canggih andalan Apple™ sejak iPhone generasi pertama.

Dengan dukungan performa yang paten di segala lini seperti ini membuat pengoperasian iPhone semakin mudah. Layar sentuh yang awalnya dianggap sulit dikendalikan dengan sentuhan jari tangan saja ternyata bisa dikontrol dengan lebih dari satu jari. Inilah teknologi pengembangan layar sentuhnya yang dinamakan dengan multi-touch. Keberadaan teknologi ini semakin terasa ketika ponsel ini digunakan untuk untuk bermain game.

Memang selain handal untuk kebutuhan berkomunikasi, ponsel ini handal pula untuk segala kebutuhan entertainment. Bermain game adalah salah satunya. Kehandalan lainnya pada bidang entertainment adalah untuk kebutuhan multimedia. Seperti halnya gadget keluaran Apple™ lainnya seperti iPod, iPhone sangat memuaskan untuk fitur pemutar musik serta pemutar video. Kualitas yang dihasilkannya melebihi kualitas yang dihasilkan oleh ponsel merek lain.

Untuk fitur pemutar musik dukungan, aplikasi iTunes memberikan kepuasan yang cukup tinggi bagi para penggemar musik. Selain kualitas audionya yang paten, banyak kemudahan lain yang bisa didapat. Antara lain kemudahan untuk mentransfer file-file musik digital dari dan ke iPhone. Lantas terdapat kemudahan pula untuk men-download lagu melalui koneksi langsung ke iTunes Music Store. Sedangkan untuk fitur pemutar video, pada iPhone sudah tersedia aplikasi untuk koneksi langsung ke situs video favorit, YouTube, tampilan video semakin optimal lantaran layar yang digunakan sangat mendukung. Yaitu dengan kualitas tampilan mencapai 16 juta warna dan luasnya yang berukuran 3,5 inchi. Sayangnya masih ada beberapa kekurangan yang membuat kecanggihan iPhone jadi tidak maksimal. Salah satunya adalah tidak bisa melakukan fungsi MMS. Padahal dengan fitur koneksi yang sudah canggih fungsi ini seharusnya menjadi standar. Fungsi standar lainnya yang tidak bisa ditemui pada iPhone adalah untuk merekam video. Pengguna harus men-download aplikasi khususnya terlebih dahulu agar iPhone bisa digunakan untuk merekam video. Tapi, seiring perjalanannya, kami yakin sama halnya dengan BlackBerry yang menyediakan fasilitas download software terbarunya, iPhone semestinya bakal melakukan hal yang sama.

Di Medan, iPhones dibundling dengan kartu dari operator Telkomsel. Salah satu distributor iPhone adalah PT Sarindo yang terletak di Jl Guru Patimpus No 1i, Medan. Husin Angkasa (pemimpin PT Sarindo Medan) yang diwawancarai MedanBisnis kemarin (1/5) menjelaskan bahwa ada beberapa varian harga dan spesifikasi yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. “Untuk masyarakat Medan yang belum begitu mengerti tentang varian dan harga iPhones ada yang menganggap ponsel ini sangat mahal, padahal sebenarnya itu sangat tergantung varian apa yang mereka pilih,” ungkap Husin.

“Sebagai informasi, iPhone 8GB Turbo mendapatkan free data (untuk download – red) sebesar 500 MB dari Telkomsel, harganya Rp.9.605.000,-

iPhones 16GB Turbo dengan free data 500MB harganya Rp.11.205.000,-

iPhone 8GB Turbo Plus free data 1GB, free talk 180 menit, SMS gratis 150 SMS harganya Rp.11.175.000,- iPhone 16GB Turbo Plus free data 1GB, free talk 180 menit, SMS gratis 150 SMS harganya Rp.12.777.000,- iPhone 8GB Turbo Premium free data 1GB, free talk 360 menit dan free SMS 300 SMS harganya Rp.12.706.000, iPhone 16GB Turbo Premium free data 1GB, free talk 360 menit dan free SMS 300 SMS harganya Rp.14.309.000,-”, demikian jelas Husin Angkasa.

Tidak ada komentar: