New Arrival!

Sabtu, 11 April 2009

Empat Senjata Baru Nokia





Empat Senjata Baru Nokia

eddy tristianto

Nokia masih lincah bermanuver di belantara rimba ponsel. Walau ada krisis global, walau ponsel pintarnya digerogoti oleh BlackBerry dan iPhone, bagi Nokia, “The show must go on!” Setelah bertahta di singgasana ponsel lebih dari satu dekade, Raja Ponsel dari Finlandia ini jadi malas turun tahta. “Capeee deh…” katanya.

Ibarat seorang chef (juru masak profesional – red) di hotel berbintang lima, Nokia tidak pernah kekurangan ide untuk mengolah hidangan apa saja (dan selalu enak tentunya…) bagi customer sedunia yang menanti-nantikan sajian baru dari Nokia. Nah, di kuartal kedua 2009 ini Nokia telah menyiapkan empat buah ponsel yang menjadi senjata barunya untuk bersaing di pasaran. Mereka adalah:

Nokia 5030 XpressRadio

Pertama kalinya Nokia meluncurkan ponsel bergenre radio dengan label XpressRadio. Merupakan ponsel FM Radio pertama yang menggunakan built in antena, sehingga pengguna tidak perlu lagi menghubungkan headset ketika akan menyalakan radionya.

Nokia mengklaim 5030 memiliki kualitas loudspeaker yang sempurna dengan satu tombol untuk mengakses radio, yang dapat digunakan saat perangkat ditempatkan pada sisinya. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah kemampuan standard SMS, menelepon dalam jangka waktu yang lama dan alarm.

Nokia 5330 XpressMusic

5330 XpressMusic merupakan salah satu ponsel musik penerus dynasty XpressMusic. 5330 berdesain slider dan memiliki fitur kamera 3,2 megapixel, slot memori micro-USB dan koneksi 3,5 mm headphone. Ponsel ini juga kompatibel dengan Nokia’s Come With Music dan Nokia Music Store. Menurut rencana ponsel ini akan tersedia dengan kartu memori 2GB MicroSD.

Koneksi Bluetooth dilengkapi dengan A2DP. Nokia juga memasukkan Nokia Maps beserta dengan AGPS.

Nokia 5730 XpressMusic

Seri XpressMusic lainnya adalah Nokia 5730 XpressMusic, yang dilengkapi dengan OS Symbian S60. 5730 XpressMusic merupakan ponsel musik pertama menggunakan QWERTY slider menyamping seperti E75.

Di dalamnya dilengkapi dengan layar beresolusi QVGA, kamera 3,2 megapixel dengan autofocus dan konektor 3,5 mm untuk stereo headphones. 5730 hanya memiliki memori internal 100 Mb. Untungnya, Nokia akan memasukkan kartu memori 8GB MicroSDHC.

Nokia 8208 CDMA

Nokia 8208 merupakan ponsel berjaringan CDMA yang dilengkapi untuk fitur sebagai navigasi utama. Nokia mengklaim 8208 dapat digunakan pengguna sampai 20 jam untuk mendengarkan musik. Menggunakan desain dual slider layaknya N95.

Fitur lainnya adalah layar berukuran 2,2 inci dengan resolusi QVGA dan slot kartu memori yang mendukung sampai 8GB. 8208 juga dilengkapi dengan FM Radio, koneksi kabel data micro-USB dan Bluetooh.

Nah, bagi Anda yang sering gonta-ganti ponsel dengan dana terbatas, tampaknya sudah mulai bisa menabung sedikit demi sedikit untuk memilih salah satu ponsel terbaru dari Nokia di atas.

Glossary (istilah):

- built in antenna: antenna yang sudah terbenam pada handset

- Nokia XpressMusic: seri ponsel Nokia yang mengutamakan fitur musik

- OS Symbian S60: Operating System Symbian S60 adalah sistem operasi yang digunakan Nokia pada handset kelas menengah atasnya seri S60 adalah yang terbaru, sebelumnya S40

- SDHC Card: Secure Digital High Capacity Card

Tidak ada komentar: